Rukun Haji Wajib Dilakukan Agar Haji Sah

Rukun Haji Wajib Dilakukan Agar Haji Sah

Haji merupakan rukun islam yang ke-5. Pelaksanaan ibadah haji memiliki ketentuan waktu tersendiri. Ibadah haji dilakukan selama kurang lebih 40 hari di bulan dzulqa’dah. Sesuai kalender hijriyah, pemberangkatan jamaah haji 1443 H berangkat pada tanggal 4 Dzulqa’dah atau tanggal 5 Juni 2022.

Dalam pelaksanaan ibadah haji. Terdapat rukun yang harus dilakukan agar hajinya sah atau mabrur. Haji mabrur adalah haji yang diterima dan diikhlaskan oleh Allah SWT. karena ibadah hajinya telah dilakukan dengan baik dan benar serta dengan bekal yang halal, suci dan bersih. 

Rukun Haji Yang Harus Dilakukan Agar Sah Hajinya

  1. Ihram

Ihram adalah menjalankan niat untuk ibadah haji karena Allah SWT. Perlu diperhatikan juga terkait tempat dan waktu mikat, yang akan berkaitan erat dengan wajib haji. Dianjurkan untuk mandi, memakai wewangian, salat dua rakaat, dan mengenakan pakaian tak berjahit.

  1. Wukuf

Wukuf atau berhenti di Arafah, dimulai dalam rentang zuhur tanggal 9 Zulhijah sampai 10 Zulhijjah. Jemaah bisa mengambil waktu siang sampai setelah magrib ataupun malam harinya sampai menjelang subuh. Saat itulah jemaah memohon doa kepada Allah SWT.

  1. Tawaf

Tawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Putaran ini dimulai dari sekiranya arah dari Hajar Aswad, dan Ka’bah berada di sisi kiri badan jemaah haji. Gampangnya, orang berhaji berputar melawan arah jarum jam.

  1. Sai

Sai adalah berjalan kaki dari Bukit Shafa dan Marwah. Dimulai di Bukit Shafa, kemudian berjalan sampai tujuh kali perjalanan hingga berakhir di Bukit Marwah.

  1. Tahallul

Tahalul adalah mencukur rambut kepala setelah semua rangkaian haji selesai. Waktunya sekurang-kurangnya adalah setelah lewat tanggal 10 Zulhijah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Sendokibu | Created by Zanash ID
Assalaamualaikum 😊
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles