Makanan Penyebab Asam Urat Naik Jelang Tahun Baru

Makanan Penyebab Asam Urat Naik Jelang Tahun Baru

Mayoritas makanan penyebab asam urat adalah mengandung purin tinggi dan beralkohol. Tak hanya makanan siap santap dan lezat. Dari golongan sayuran dan buah-buahan ada yang termasuk makanan penyebab asam urat, ini wajib diketahui.

Makanan penyebab asam urat

  1. Daging Merah
    Purin yang tinggi ternyata ada pada daging merah seperti daging kambing, daging sapi, daging kuda, daging domba. Purin dari makanan penyebab asam urat bisa memicu asam urat tubuh terus naik dan tidak terkendali. Dampaknya tentu saja akan membuat peradangan penderita asam urat semakin parah.
  2. Daging Ayam
    Kandungan purin pada daging ayam sebanyak 175 mg/100 gram zat purin. Daging ayam termasuk penyebab asam urat tinggi. Hal ini disebabkan karena daging ayam, dari dada sampai kulitnya mengandung purin tinggi.
  3. Udang
    Olahan udang termasuk makanan dengan kandungan purin 9-10 mg setiap 100 gramnya. Udang masuk dalam kategori penyebab asam urat tinggi yang harus dihindari. Konsumsi yang berlebihan dapat dapat mengalami mengalami komplikasi jantung dan stroke karenanya.
  4. Jeroan
    Bagi para pecinta jeroan, menghindarinya adalah petaka. Mulai dari usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, dan ginjal. Jeroan-jeroan ini termasuk olahan yang menyebabkan asam urat naik.
  5. Seafood
    Golongan seafood selalu bisa bikin ketagihan makan. Lezat, menggugah selera, dan bergizi pula. Sayangnya seafood termasuk penyebab asam urat tinggi lho.
  6. Kembang Kol
    Mengonsumsi sayur kol memang terkenal menyehatkan. Kondisi ini berbeda bagi penderita asam urat tinggi. Kandungan purin dalam makanan penyebab asam urat ini sebesar 51 gram purin tiap 100 gramnya. Jumlah ini terbilang cukup tinggi dan membahayakan asam urat penderita.
  7. Bayem
    Bayam adalah sayuran hijau yang dikenal kaya gizi dan nutrisi. Mengonsumsinya dapat menyehatkan badan dan memenuhi asupan nutrisi harian. Kandungan purin di dalam 100 gram bayam, yaitu 57 gram purin.
  8. Kangkung
    Sayur kangkung di Indonesia terkenal sekali karena kelezatan dan kandungan nutrisinya. Meski begitu, penderita asam urat harus menghindarinya. Dalam 100 gram bayam terdapat 9-100 mg purin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Sendokibu | Created by Zanash ID
Assalaamualaikum 😊
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles