Makanan Penyebab Diabetes yang Perlu Dibatasi

Makanan Penyebab Diabetes yang Perlu Dibatasi

Sebagai informasi, diabetes bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk genetika, gaya hidup, dan pola makan. Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang berpotensi menyebabkan diabetes pada  jika dikonsumsi secara berlebihan atau tidak seimbang.

1. Makanan tinggi karbohidrat

Makanan penyebab diabetes yang pertama adalah makanan tinggi karbohidrat. Jenis makanan ini mengandung karbohidrat tinggi dan rendah serat yang dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat, contohnya nasi putih, tepung terigu, pasta, roti, dan kentang goreng.

Batasi porsi makanan Anda untuk mengurangi risiko terkena diabetes. Sebagai gantinya  dapat diberi asupan biji-bijian utuh (seperti nasi merah atau coklat), karbohidrat kompleks (seperti kacang-kacangan, ubi rebus, oatmeal, dan roti gandum tanpa gula), buah dan sayuran.

2. Makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans

Meskipun lemak jenuh dan lemak trans tidak secara langsung meningkatkan gula darah, keduanya dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan menyebabkan resistensi insulin, meningkatkan risiko diabetes.

Yang termasuk ke dalam jenis lemak ini adalah  Daging merah, daging olahan, mentega, selai kacang, krimer, keju, susu tinggi lemak, makanan cepat saji, kripik kentang, dan kue.

Sebagai gantinya, Anda dapat mengkonsumsi tahu, alpukat, dan kacang-kacangan seperti edamame atau kacang almond.

4. Buah kering dan buah kalengan

Buah kering merupakan salah satu makanan penyebab diabetes. Hal ini karena buah yang dikeringkan biasanya mengandung kadar gula yang tinggi, Kismis dan anggur yang dikeringkan, misalnya. Kismis memiliki lebih banyak karbohidrat daripada anggur segar.

Hindari atau batasi konsumsi buah-buahan yang dapat menyebabkan diabetes, seperti buah kering, buah kalengan, smoothies beku, dan jus buah.

Namun tenang, Anda tetap dapat makan buah. Tapi berhati-hatilah saat memilihnya, buah seperti kiwi, semangka, pir, jeruk, apel, stroberi, dan pir  bisa jadi pilihan terbaik dikarenakan buah-buah tersebut tidak mengandung banyak gula.

5. Minuman ringan yang manis

Makanan yang dapat menyebabkan diabetes harus dihindari, termasuk minuman yang mengandung gula. Misalnya, Teh manis, teh bubble, minuman cokelat, dan kopi yang dicampur dengan sirup gula, atau karamel. Selain itu, minuman berenergi dan bersoda termasuk dalam kategori ini. Konsumsi teh herbal, seperti teh dari kulit manggis, adalah pilihan yang cukup baik.

Referensi:

Theobald, M. Everyday Health (2020). The Best and Worst Foods to Eat in a Type 2 Diabetes Diet. 

alodokter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Sendokibu | Created by Zanash ID
Assalaamualaikum 😊
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles