Tips Meredakan Demam Tinggi pada Anak

Tips Meredakan Demam Tinggi pada Anak

Orang tua perlu mengetahui cara menurunkan demam jika buah hatinya sakit. Ketika si kecil  tiba-tiba mengalami demam, cobalah untuk tidak panik karena ada banyak cara untuk meredakan demam tinggi anak yang bisa coba diterapkan di rumah. Namun, sebelum itu, harus diketahui dulu apa itu demam dan berapa suhu normal suhu tubuh manusia. Menurut para ahli di Mayo Clinic, demam adalah ketika suhu tubuh melebihi suhu normal biasanya  (sekitar 37 derajat Celcius). Demam tinggi pada anak membutuhkan perhatian medis yang cepat untuk mencegah kerusakan sel.  Berikut cara menurunkan demam pada anak dengan alami yang bisa dicoba di rumah.

Cara Meredakan Demam Tinggi pada Anak

1. Kompres dengan Air Hangat untuk Menurunkan Panas pada Tubuh

Mengompres dahi merupakan salah satu cara awal yang bisa digunakan untuk menurunkan panas. Cara ini cukup sering dilakukan oleh mayoritas orang tua, yaitu dengan menempelkan kompres air hangat.

Menurut pendapat para profesional medis, kompres menggunakan air hangat lebih berhasil daripada kompres dengan air dingin dalam menurunkan suhu tubuh. Pembuluh darah dan pori-pori anak akan terbuka karena kain yang dipanaskan, karena panas dari tubuhnya akan menghilang lebih cepat. Caranya cukup mudah yaitu dengan memeras air dari handuk dan meletakannya di dahi si kecil. Jika kompres tidak lagi hangat, gantilah. Bunda dapat melanjutkan cara ini sampai demam mereda. 

 

2. Memperbanyak Minum Air

Meminta anak untuk minum air lebih banyak adalah cara agar panas anak tidak bertambah tinggi karena demam tinggi dapat menyebabkan tubuh dehidrasi. Karena itu, pastikan si kecil minum cukup air agar tubuhnya tetap terhidrasi dan tidak kelelahan. Selain itu, minum banyak air adalah cara alami untuk mendinginkan tubuh. Bunda juga bisa memberikan air kelapa karena kelapa mengandung elektrolit dan antioksidan yang membantu tubuh merasa segar. 

3. Membalurkan Ramuan Minyak Kayu Putih pada Tubuh Anak 

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk menurunkan panas pada anak adalah dengan membalur tubuh anak dengan minyak kayu putih. Caranya campurkan beberapa tetes minyak kayu putih dengan beberapa bawang merah yang diiris halus dan perasan jeruk nipis.

Apabila bau minyak kayu putih terlalu menyengat, bunda bisa mengganti dengan minyak kelapa.  Untuk membantu si kecil rileks, oleskan ke seluruh tubuhnya dan pijat dengan lembut.

 

4. Konsumsi Buah-buahan Pereda Demam

Mengkonsumsi buah mungkin merupakan cara alami untuk membantu dalam menurunkan demam. Jika demam berlangsung selama lebih dari beberapa hari dan lebih dari 38 derajat Celcius, segera periksakan ke dokter.

Jika demamnya ringan, cobalah berikan buah-buahan yang dapat membantu menurunkan suhu tubuh, seperti  Apel, semangka, anggur, dan pisang. Mama  juga bisa memberikan salad buah menggunakan kiwi dan stroberi. 

 

5. Waktu yang Tepat Membawa Si Kecil ke Dokter

Jika bunda telah melakukan berbagai cara untuk menurunkan panas si kecil, tetapi tak kunjung membuahkan hasil maka bunda perlu membawanya ke dokter.

Stanford Children’s Health merekomendasikan agar para ibu membawa anak-anak mereka ke dokter jika panas tak kunjung reda ataupun ada gejala-gejala seperti nyeri kepala, kaku leher, kejang, nyeri telinga, nyeri tenggorokan, sesak atau ruam kulit.

Nah, itulah cara yang bisa dicoba bunda di rumah untuk menurunkan suhu tubuh si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Sendokibu | Created by Zanash ID
Assalaamualaikum 😊
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles