Kandungan Gizi Tepung Mocaf : Permata Tersembunyi dalam Nutrisi Bebas Gluten

Kandungan Gizi Tepung Mocaf : Permata Tersembunyi dalam Nutrisi Bebas Gluten

Dalam beberapa tahun terakhir, upaya untuk menemukan alternatif tepung yang lebih sehat dan bebas alergen dari tepung tradisional telah mengarah pada penemuan berbagai pilihan inovatif. Salah satu opsi yang semakin populer di kalangan kuliner dan kesehatan adalah tepung Mocaf. Dalam artikel ini, kita akan mengupas apa saja sih, kandungan gizi tepung Mocaf dan mengeksplorasi manfaat kesehatan potensialnya.

Apa Itu Tepung Mocaf?

Tepung Mocaf, singkatan dari “Modified Cassava Flour” atau Tepung Singkong yang dimodifikasi. Modifikasi singkong pada mocaf dilakukan dengan cara fermentasi oleh bakteri asam laktat. Fermentasi yang dilakukan mengubah karakteristik tepung sehingga dapat digunakan sebagai bahan baku berbagai produk pangan. Tepung ini memiliki banyak  kelebihan, salah satunya yakni rendah glikemiks.

Mocaf ditemukan oleh Prof. Ir. Achmad Subagio, M.Agr. dari Universitas Jember. Achmad Subagio terinspirasi dari pengolahan kentang di Belanda menjadi beberapa jenis tepung dan pati yang dapat digunakan sebagai bahan baku berbagai makanan. Beliau ingin menjadikan singkong yang merupakan pangan lokal dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Tujuan awal dari pembuatan mocaf ini adalah untuk menyejahterakan petani singkong.

Kandungan gizi tepung mocaf per 100 gram adalah sebagai berikut:

  • Energi: 350 kkal
  • Protein: 1,2 gram
  • Lemak: 0,6 gram
  • Karbohidrat: 85 gram
  • Serat: 6 gram

Kandungan gizi tepung mocaf yang paling menonjol adalah serat. Tepung mocaf mengandung serat yang lebih tinggi daripada tepung terigu. Serat sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Serat juga dapat membantu menurunkan berat badan, mengontrol gula darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain serat, tepung mocaf juga mengandung kalsium, fosfor, dan vitamin C yang lebih tinggi daripada tepung terigu. Kalsium penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Fosfor penting untuk metabolisme energi dan pembentukan sel-sel baru. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Tepung mocaf juga mengandung fitoestrogen. Fitoestrogen adalah senyawa mirip estrogen yang dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis, penyakit jantung, dan kanker payudara.

Berikut adalah beberapa manfaat tepung mocaf bagi kesehatan:

  • Meningkatkan kesehatan pencernaan
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Mengontrol gula darah
  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas
  • Mengurangi risiko osteoporosis, penyakit jantung, dan kanker payudara

Tepung mocaf dapat digunakan untuk berbagai macam makanan, seperti kue, roti, mie, nugget, dan bakso. Tepung ini juga dapat digunakan untuk membuat makanan yang rendah kalori dan gluten-free.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Sendokibu | Created by Zanash ID
Assalaamualaikum 😊
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles