4 Manfaat Gula Palem (palm sugar) Untuk Kesehatan

4 Manfaat Gula Palem (palm sugar) Untuk Kesehatan

Gula Palem terbuat  dari nira atau sari batang tumbuhan palem. Memiliki rasa yang lebih ringan dibanding dengan gula tebu dengan aroma yang khas. Selain itu, gula palem merupakan gula yang memiliki kadar indeks glikemik yang lebih rendah dari gula lainnya. 

Tak hanya itu, gula sugar juga memiliki sumber vitamin dan mineral yang lebih baik daripada pemanis lainnya. Dilansir dari situs moolihai.com mengenai manfaat gula palem bagi kesehatan, berikut ini uraiannya!

Meningkatkan Tingkat Energi

Kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin B1, B2, B3, B6, B12, Besi, Kalium, Seng, kalsium, dan asam amino. Ini juga terdiri dari sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Karena kaya akan zat besi, ini membantu mengobati anemia. Kandungan gula dalam gula palem sangat seimbang sehingga memiliki manfaat untuk kesehatan, dan merupakan pengganti yang sangat baik untuk gula meja.

Selain itu, kamu bisa meminum satu sendok gula palem dengan secangkir teh, kopi, atau susu di pagi dan sore hari untuk menjaga tingkat energi. 

Pemanis Terbaik untuk Diabetes

Gula palem memiliki indeks glikemik dan glukosa yang lebih rendah daripada madu atau gula meja. Ini membantu menstabilkan kadar gula darah daripada pemanis lainnya. Studi telah menemukan bahwa Indeks Glikemik gula palem adalah 35 dibandingkan dengan gula meja di 68 dan madu di 55. Namun, pasien diabetes dapat mengkonsumsi gula palem pada tingkat yang kurang atau mengkonsumsinya dengan cara yang sama seperti gula biasa.

Membantu Pencernaan

Gula palem memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan pencernaan yang lebih baik, karena mengandung serat makanan yang disebut inulin. Studi telah menemukan bahwa serat nabati ini dapat meningkatkan pencernaan yang lebih baik, mengendalikan bakteri di usus, dan meningkatkan penyerapan mineral tubuh.

Mengkonsumsi gula palem setelah makan berat akan membantu tubuh membersihkan saluran usus dan menghasilkan enzim untuk membantu sistem pencernaan mencerna makanan. Hal Ini juga memberikan bantuan dari sembelit.

Baca juga : Takut Ngemil? Coba perhatikan ini dulu 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Sendokibu | Created by Zanash ID
Assalaamualaikum 😊
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles