Cara Mendetox Tubuh dengan Puasa

Cara Mendetox Tubuh dengan Puasa

Tak terasa sebentar lagi kita akan bertemu dengan ramadhan kembali. Ramadhan biasanya identik dengan sesuatu yang manis seperti kurma. Tapi sebenarnya apa sih yang dianjurkan dalam berbuka puasa, yuk simak selengkapnya berikut!

Puasa, Cara Mendetox Tubuh Paling Efektif!

Puasa yaitu menahan untuk tidak makan dan minum dari sebelum terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Artinya kurang lebih selama 12 jam perut kita kosong dan dalam rentang waktu tersebut sistem pencernaan beristirahat, termasuk pankreas, hati, lambung, usus halus dan usus besar. Organ-organ tersebut akan mengalami regenerasi sel sehingga nantinya bisa berfungsi lebih baik. Dan ternyata tubuh menyerap radikal bebas lebih sedikit saat berpuasa. Wow, luar biasa, bukan?

Seorang ahli kesehatan Amerika, dr. Mehmet Cengiz Oz, sering dikenal dengan nama dr. Oz, menegaskan bahwa puasa detoks lebih efektif daripada hanya mengikuti diet tertentu. Pasalnya, saat berpuasa, kita menjalankan pola makan normal guna mengoptimalkan proses pembersihan tubuh. Bahkan, Dr. Oz juga memberikan saran menu makan yang harus dicoba saat berpuasa agar detoksifikasi tubuh jadi lebih lancar.

Cara Mendetox Tubuh yang Efektif, Harus Mengonsumsi Apa?

1. Berbagai Jenis Sayuran Seperti Bayam dan Brokoli

Bayam sangat baik untuk detoksifikasi tubuh, terutama saat berpuasa. Demikian pula, brokoli memiliki jumlah antioksidan yang cukup untuk membantu menghilangkan polutan, meningkatkan regenerasi sel, serta menjaga kesehatan dan kekuatan organ penting saat berpuasa.

2. Buah-Buahan

Mengonsumsi buah saat sahur dapat membantu membersihkan saluran pencernaan, aliran darah, dan hati. Buah mengandung antioksidan, vitamin C, dan vitamin lain yang meningkatkan detoksifikasi racun yang diendapkan oleh radikal bebas. Buah ini juga bisa membantu meningkatkan proses penurunan berat badan saat berpuasa. Salah satu buah yang paling direkomendasikan adalah kurma. Kurma sangat baik dikonsumsi saat berpuka puasa ataupun saat sahur karena mengandung banyak nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan. Buat kamu yang bosen makan kurma yang gitu-gitu aja bentuknya, kamu bisa pilih kurma isi dari Qursyiban. Kurma isi yang mempunyai banyak varian rasa. Tentunya semuanya lezat dan gak bikin enek. Kamu bisa dapatkan kurma isi Qursyiban di shopee maupun website sendokibu.com.

3. Karbohidrat Ringan Cerna

Selama berpuasa, karbohidrat sangat dibutuhkan sebagai sumber nutrisi. Selama puasa, tubuh membutuhkan karbohidrat untuk menghasilkan glukosa, sumber energi utamanya, dan serat untuk membuat merasa kenyang lebih lama. Makanan yang mengandung karbohidrat antara lain nasi, pasta, dan roti. Lebih baik mengonsumsi makanan yang kaya serat dan memiliki karbohidrat yang mudah dicerna (Bebas Gluten), seperti nasi merah, pasta singkong, dan roti bebas gluten.

4. Protein dan Lemak Sehat

Sumber protein hewani dan nabati seperti ikan, unggas, daging sapi, tahu, tempe, dan jamur merupakan bahan baku pembentukan sel dalam proses regenerasi sel, ketika sedang berpuasa. Tambahkan lemak sehat seperti olive oil, fish oil, alpukat, biji-bijian karena jenis lemak ini adalah lemak baik alias High Density Lippoprotein (HDL) yang diperlukan sebagai sumber energi saat sedang berpuasa.

5. Bawang-Bawangan

Selain sangat baik untuk penyedap makanan, bawang merah juga diakui kemampuannya membersihkan tubuh saat berpuasa. Ini karena bawang merah memiliki konsentrasi allicin yang relatif tinggi, zat kimia yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya dengan membuang racun dari saluran pencernaan.

Gimana? Sudah siap menjalankan puasa tahun ini? Jangan lupa untuk pilih kurma isi Qursyiban sebagai temen berbuka dan sahurmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Sendokibu | Created by Zanash ID
Assalaamualaikum 😊
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles