Tanda Malam Lailatul Qadar Saat Ramadhan

Tanda Malam Lailatul Qadar Saat Ramadhan

Ketika bulan Ramadan tiba, salah satu momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh para umat Muslim adalah malam Lailatul Qadar. Malam ini adalah malam yang penuh keberuntungan, di mana Alquran pertama kali diturunkan. Adapun tanda-tanda malam lailatul Qadar yang bisa dirasakan, apa saja itu? Simak uraian berikut ini

5 Tanda Malam Lailatul Qadar 

  1. Suasana pagi yang tenang

Ibnu Abbas RA berkata, “Rasulullah SAW bersabda, “Lailatul Qadar adalah malam tenteram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah.”

  1. Matahari terbit dengan sinar yang tak kuat

Cahaya mentari redup menjadi tanda lain dari terjadinya Lailatul Qadar. Hal ini sesuai hadis Nabi yang menginformasikan ciri malam Qadar adalah bila ada cahaya mentari lemah, cerah tak bersinar kuat keesokannya.

Dasarnya adalah hadit Ubay bin Ka’ab radliyallahu’anhu, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Keesokan hari Lailatul Qadar matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar bak nampan.” (HR Muslim).

Berbuka Dengan Sunnah Rasulullah dari Kurma Isi Qursyiban

  1. Bulan tampak separuh bulatan

Tanda-tanda malam Lailatul Qadar selanjutnya adalah pada malam itu, bulan tampak separuh bulatan, seperti yang ada pada hadits berikut.

Abu Hurairah radhiyallahu anhu berkata, ”Kami pernah berdiskusi tentang Lailatul Qadar di sisi Rasulullah SAW, beliau berkata, “Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan.” (HR Muslim).

  1. Udara dan angin terasa sejuk

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda:

“Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan.” (HR. Ath Thoyalisi. Haitsami mengatakan periwayatnya adalah tsiqoh/terpercaya).

  1. Merasakan ketenangan dan nikmatnya beribadah

Malam Lailatul Qadar menurunkan ketenangan, sehingga bila orang-orang yang beribadah pada malam tersebut merasakan ketenangan hati dan kenikmatan beribadah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Sendokibu | Created by Zanash ID
Assalaamualaikum 😊
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles