Takjil Manis Untuk Buka Puasa Ramadhan

Takjil Manis Untuk Buka Puasa Ramadhan

Saat bulan Ramadhan, seluruh umat muslim di dunia menjalankan ibadah puasa dari matahari terbit hingga tenggelam. Kamu mungkin sering mendengar perkataan ‘berbukalah dengan yang manis-manis’. Ada berbagai takjil manis untuk buka puasa dari seluruh daerah Indonesia, tetapi berikut lima takjil manis bulan Ramadhan khas Indonesia.

Takjil Manis Untuk Buka Puasa Ramadhan

  1.  Kolak

Takjil satu ini tidak pernah absen saat bulan Ramadan. Ada berbagai macam jenis kolak yang populer di masyarakat seperti kolak pisang ubi, kolak nangka, hingga kolak durian. Kolak berisikan pisang, ubi, dan singkong merupakan jenis kolak yang paling umum yang ditemukan. Ketiga bahan utama ini direbus dengan kuah santan dan gula jawa. Alhasil, rasa manis dan gurih yang hangat menjadikan kolak sebagai takjil paling cocok untuk berbuka puasa.

  1. Es Pisang Ijo

Berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan, menu takjil ini disajikan dalam visual yang unik. Pisang dibungkus dalam adonan hijau lalu dikukus. Setelah dikukus, pisang dipotong-potong dan dihidangkan dengan paduan es, santan, dan sirup merah. Warna hijau dalam adonan menggunakan pewarna alami, yaitu daun suji dan pandan. Tekstur yang legit, rasa manis dan gurih, serta aroma pandan dan santan  membuat es pisang ijo takjil buka puasa favorit Makassar hingga Indonesia.

  1. Biji Salak

Biji salak terbuat dari campuran ubi dan tepung tapioka yang direbus, dan disajikan dengan kuah santan serta gula merah. Serupa namun tak sama, hidangan ini kerap kali tertukar dengan candil yang kuahnya sama-sama santan dan gula merah. Bedanya, biji salak menggunakan ubi sebagai bahan dasar sedangkan candil berbahan dasar tepung beras. Selain itu, biji salak merupakan takjil khas Betawi sementara candil berasal dari daerah Jawa seperti Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

  1. Es Kacang Merah

Kacang merah ternyata tidak hanya digunakan dalam sup dan makanan panas. Hidangan asal Palembang, Sumatera Selatan ini terbuat dari es serut, kacang merah yang sudah direbus, susu kental manis, dan sirup merah. Kacang merah yang empuk berpadu dengan es, susu kental manis, dan sirup menjadikan es kacang merah takjil manis nan segar untuk berbuka puasa. 

  1. Pukis Arab

Kue pukis biasanya berbentuk setengah lingkaran dengan topping cokelat meses atau keju. Namun, pukis arab memiliki bentuk seperti cupcake sebesar kepalan tangan orang dewasa. Uniknya, takjil ini hanya ada saat bulan Ramadan dan dapat ditemukan di Kawasan Wisata Ampel, Surabaya. Sama seperti kue pukis pada umumnya, pukis arab terbuat dari telur, gula pasir, tepung terigu, ragi, dan santan.

  1. Qursyiban

Saat berbuka disunnahkan untuk memakan kurma. Sebagian orang yang tidak menyukai kurma justru akan menghindarinya. Sekarang ada takjil yang unik dari kurma. Qursyiban, kurma isi unik yang beda dari lainnya.

Ide jualan kurma isi Qursyiban sangat potensial. Sudah banyak orang yang berlangganan Qursyiban setiap tahunnya. Saatnya giliran kamu mendapatkan berkah jualan di bulan puasa. Sekarang Sendokibu sudah bergabung dengan Qursyiban, artinya untuk info kemitran silahkan hubungi admin kami.

Copyright © 2024 Sendokibu | Created by Zanash ID
Assalaamualaikum 😊
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles