Rekomendasi Makanan Setelah Olahraga

Rekomendasi Makanan Setelah Olahraga

Setelah berolahraga, kita perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi karena tubuh perlu untuk mengisi kembali sumber energi yang habis. Tubuh kehilangan sejumlah besar cairan dan elektrolit, termasuk garam, kalium, dan magnesium. Oleh karena itu, untuk mengisi kembali cairan yang hilang setelah berolahraga, konsumsilah air putih, air kelapa, atau minuman isotonik yang tinggi air dan elektrolit lainnya. Untuk makanan setelah olahraga, pertimbangkan jenis makanan yang dikonsumsi. Makanan yang tepat akan membantu tubuh dalam menjalankan tugasnya dengan lebih efektif. Konsumsilah makanan, idealnya terdiri dari protein dan karbohidrat, tiga puluh menit setelah berolahraga. Simak beberapa rekomendasi makanan setelah olahraga berikut.

Beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi setelah olahraga

1. Ubi Jalar

Setelah latihan berat atau olahraga kardio, ubi jalar bisa menjadi camilan bergizi yang membantu pemulihan. Karbohidrat seperti ubi dapat membantu mengisi energi tubuh setelah olahraga yang melelahkan. 

2. Ikan Tinggi Protein 

Ikan yang tinggi protein dan omega-3 seperti tuna, salmon, dan sarden. Kandungan proteinnya sangat baik untuk meregenerasi otot yang pernah cedera saat berolahraga. Sementara itu, asam lemak omega-3 akan membantu mengatasi peradangan (inflamasi) yang sering terjadi setelah berolahraga.

3. Dada Ayam Panggang

Dada ayam adalah salah satu makanan penurun berat badan. Mengapa? Makanan ini tinggi protein namun rendah kalori. Selain itu, dada ayam adalah sumber vitamin B6 yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Kentang, Gandum Utuh, dan Beras Merah

Saat berolahraga, kita akan menggunakan banyak energi. Secara umum, semakin lama seseorang berlatih, semakin banyak energi yang dikeluarkan. Oleh karena itu, konsumsilah berbagai makanan berkarbohidrat bergizi sebagai sumber energi setelah berolahraga. Setelah aktivitas fisik, karbohidrat seperti kentang, gandum, beras merah, dan biji-bijian yang dapat dikonsumsi.5. Telur dan Roti Panggang

Menu ini identik dengan sarapan. Namun, roti dan telur bisa menjadi camilan bergizi setelah berolahraga. Makanan ini memberikan keseimbangan ideal antara karbohidrat dan protein yang baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

6. Almond

Almond sarat dengan antioksidan vitamin E yang membantu pemulihan tubuh dari stres akibat olahraga. Kamu bisa mengkonsumsi almond secara langsung atau dalam bentuk snack, simpel tapi juga tetap sehat.

7. Smoothie Cokelat dengan Campuran Buah Ceri

Smoothie cokelat dengan campuran ceri adalah minuman pasca-olahraga yang ideal. Ceri termasuk antioksidan yang dapat melindungi terhadap cedera otot. Jika kita secara teratur mengonsumsi smoothie cokelat dengan ceri atau jus ceri, maka akan cenderung jarang mengalami nyeri otot dan kehilangan kekuatan setelah olahraga.

8. Protein Shake

Minuman sehat ini juga merupakan pilihan yang sangat baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Campurkan bubuk protein rasa cokelat dengan setengah pisang, satu sendok makan mentega (rendah lemak), dan satu cangkir kacang almond.

Nah itu dia deretan cemilan dan makanan setelah berolahraga yang bisa dinikmati baik setelah melakukan olahraga. Meski bergizi, porsinya tidak boleh terlalu berlebihan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Sendokibu | Created by Zanash ID
Assalaamualaikum 😊
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles