Kenali Gejala Diabetes pada Anak

Kenali Gejala Diabetes pada Anak

Apa yang dimaksud dengan diabetes pada anak?

Diabetes Tipe 1 pada Anak

Diabetes pada anak atau dikenal juga dengan istilah diabetes tipe 1, merupakan kondisi dimana tubuh anak gagal memproduksi hormon insulin yang cukup. Insulin adalah hormon yang berfungsi untuk membantu tubuh memetabolisme glukosa (gula) menjadi energi. Tanpa insulin yang cukup, glukosa akan menumpuk dalam darah dan menyebabkan kadar gula darah yang tinggi. Sebelum lanjut membahas gejala diabetes pada anak, kenali terlebih dahulu apa itu diabetes pada anak.

Penyebab diabetes tipe 1 pada anak belum diketahui. Namun, beberapa kasus terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang lemah atau autoimun, yang memungkinkan bakteri dan virus serta sel kekebalan tubuh menyerang sel yang memproduksi insulin di pankreas.

Diabetes Tipe 2 pada Anak

Sebenarnya, diabetes tipe 2 adalah penyakit jangka panjang yang membutuhkan perawatan medis khusus dan lebih sering dialami oleh orang dewasa. Namun, diabetes tipe 2 juga sering menyerang anak-anak berusia di atas 10 tahun atau memasuki usia remaja.

Keturunan dari orang tua yang menderita diabetes tipe 2 adalah salah satu penyebab diabetes tipe 2 pada anak. Namun, ada banyak faktor lain yang dapat menyebabkan kondisi ini, seperti anak kelebihan berat badan, jarang berolahraga, dan sering mengonsumsi makanan tinggi gula.

Gejala Diabetes pada Anak

Anak-anak yang menderita diabetes mungkin hampir tidak memiliki gejala yang jelas. Namun, jika ada gejala, diabetes tipe 1 dan tipe 2 sangat umum dan mirip. Berikut adalah gejala yang mungkin muncul pada anak-anak yang menderita diabetes:

  1. Sering buang air kecil dan kadang-kadang mengompol
  2. Sering haus karena sering buang air kecil
  3. Lapar yang berlebihan
  4. Penurunan berat badan yang signifikan
  5. Penglihatan kabur
  6. Tubuh lemah dan lesu
  7. Kulit yang menghitam terutama di leher, ketiak, dan selangkangan
  8. Luka sulit sembuh.

Orang tua atau pengasuh wajib konsultasi ke dokter jika menemukan beberapa indikasi awal atau ciri-ciri diatas pada anak. Dengan diagnosis dini, orangtua dapat membantu mencegah komplikasi yang lebih serius dan memastikan bahwa anak mendapatkan perawatan yang tepat.

Referensi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Sendokibu | Created by Zanash ID
Assalaamualaikum 😊
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles