Ide Permainan Anak Kreatif Pengganti Gadget

Ide Permainan Anak Kreatif Pengganti Gadget

Di era digital seperti saat ini, tak bisa dipungkiri jika menemukan anak kecil asik bermain gadget adalah hal yang umum terjadi. Cukup disayangkan jika masa kecil seorang anak  hanya dihabiskan terpaku di depan tablet atau smartphone saja. Sebenarnya, menyiasatinya cukup sederhana, untuk merangsang sisi kreatif si kecil, orang tua tidak perlu repot membuat permainan yang rumit, cukup dengan ide permainan sederhana dan kreatif pengganti gadget yang mudah dipraktikan di rumah ini, dijamin ampuh bikin anak berhenti main gadget dan jauh dari rasa bosan. 

5 Ide Permainan Pengganti Gadget Kreatif untuk Anak

1. Melukis dengan cat air

bermain cat air

Anak-anak akan senang dan tertarik bermain dengan sesuatu yang berhubungan dengan air dan mereka juga menyukai sesuatu yang berwarna-warni. Bahan yang dibutuhkan yaitu cat air dan kuas, styrofoam bekas, spidol untuk menggambar pada styrofoam. Penggunaan styrofoam akan memudahkan anak untuk mengaplikasikan cat air pada hasil karyanya, karena cat tidak akan luntur secepat kertas biasa.

Bermain art memiliki banyak manfaat bagi anak-anak. Selain menumbuhkan kreativitas dan mengembangkan keterampilan motorik halus, art juga dapat meningkatkan keterampilan psikososial anak dengan memungkinkan mereka untuk mengekspresikan perasaan dan mengekspresikan diri.

Dengan latihan ini, diharapkan anak-anak dapat mengartikulasikan dan mengekspresikan diri secara lebih efektif.

 

2. Boneka Tangan & Jari

bermain boneka dengan jari dan tangan

Bahan yang dibutuhkan cukup sederhana yaitu sarung tangan atau kaos kaki yang sudah tidak terpakai. Lalu tambahkan fitur wajah seperti mata dan bibir dengan spidol berwarna. Bisa juga meminta bantuan anak untuk kegiatan kecil, seperti menempelkan kancing sebagai mata atau menempelkan kain cadangan untuk membuat rambut. Setelah menyelesaikannya, boneka siap digunakan untuk bermain. Ibu dapat mengajak anaknya untuk membuat pertunjukan boneka dengan cara mendongeng. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Department of Science and Research Branch, Islamic Azad University di Iran, game ini juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa, mengenalkan konsep kesadaran diri dan menumbuhkan rasa empati terhadap orang lain.

 

3. Menyusun Simple Puzzle

bermain puzzle

Ide permainan pengganti gadget untuk anak selanjutnya super simple tapi anak sangat suka. Hanya bermodalkan kardus bekas dan pensil warna dengan membuat puzzle yang mudah disusun oleh anak karena hanya terdiri dari 4 bagian. Untuk yang tidak pandai menggambar, bisa memakai gambar printable atau gambar yang dipunya di rumah, lalu tempel ke kardus bekas. 

 

 

 

4. Memindahkan air menggunakan spons

memindahkan air dengan spons

Mayoritas anak-anak biasanya menyukai basah-basahan. Fasilitasi ketertarikannya itu dengan meminta anak memindahkan air menggunakan spons. Pertama, siapkan 2 baskom dan isi salah satunya dengan air. Siapkan juga spons pencuci piring. Kemudian minta anak itu untuk mencelupkan spons ke dalam baskom berisi air. Kemudian peras spons ke dalam wadah kosong lainnya. Lewat permainan ini, anak juga akan belajar bahwa air itu bisa dipindahkan memakai spons, sehingga kemampuan berpikirnya pun terasah.

 

 

 

5. Bermain play dough

bermain dengan clay

Permainan ini cukup populer di kalangan anak-anak dan tersedia di banyak toko mainan. Mainan ini menyerupai tanah liat karena teksturnya yang lembut dan mudah dibentuk. Bermain play dough dapat melatih motorik halus anak serta memancing daya kreativitasnya karena play dough bisa dibentuk menjadi benda-benda dan memungkinan anak untuk menciptakan karyanya sendiri.

Selain itu, banyak hal lain yang harus diperhatikan ketika masa perkembangan anak, selain mengontrol penggunaan gadget, orang tua juga harus memberikan nutrisi yang cukup. Berikan anak makanan yang sehat dan bergizi, termasuk cemilan yang sehat setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Sendokibu | Created by Zanash ID
Assalaamualaikum 😊
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles