5 Ide Lomba 17 Agustus Seru untuk Anak

5 Ide Lomba 17 Agustus Seru untuk Anak

HUT RI merupakan hari yang selalu dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Selain upacara bendera, lomba 17 Agustus merupakan hal yang sangat dinanti masyarakat. Lomba tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, namun Lomba 17 Agustus juga di gelar untuk anak.

Lalu, apa saja lomba 17 Agustus untuk anak yang seru?

Berikut beberapa lomba Agustusan yang seru untuk anak yang diambil dari beberapa sumber

1. Lomba Joget Balon

Lomba joget balon membutuhkan kerjasama antar anggota tim. Cara bermainnya pun cukup mudah, yaitu kedua anak yang mengikuti lomba saling berhadapan dalam jarak dekat. Balon kemudian ditempatkan di antara perut peserta sehingga balon menjadi terhimpit. Setelah itu, akan diputarkan lagu anak-anak, dan para peserta akan diminta untuk menari sambil menjaga agar balon tidak jatuh.

2. Lomba Memasukkan Pensil ke Dalam Botol

Memasukkan pensil ke dalam botol, lomba ini hanya membutuhkan pensil dan botol kosong. Selanjutnya para peserta harus berdiri di garis start dengan pensil yang sudah dikaitkan di pinggang menggunakan tali. Jika wasit meniup peluit, peserta boleh berlomba ke garis finis dan memasukkan pensil ke dalam botol kosong. Pemenangnya adalah peserta yang memasukkan pensil terlebih dahulu.

3. Lomba Menangkap Belut

Lomba yang cukup unik dan jarang dilakukan adalah lomba menangkap belut.

Perlombaan 17 agustusan ini tidak hanya unik, tetapi juga seru karena anak-anak perlu menangkap belut di sebuah ember  dan tentunya lomba ini bisa melatih fokus anak.

4. Lomba Estafet Air

Lomba 17 Agustusan yang seru untuk anak berikutnya adalah estafet air antara dua tim atau lebih. Jumlah peserta dalam satu tim tergantung pada panitia lomba. Setiap peserta harus meletakkan mangkuk plastik di atas kepalanya dan kedua tim harus berbaris secara vertikal. 

Anak yang berada di paling depan akan menuangkan air ke dalam mangkuk di belakangnya tanpa menoleh sampai air tersebut mencapai anak yang berada di urutan paling belakang.Tim yang mengumpulkan air paling banyak di mangkuk terakhir adalah pemenangnya.

5.Lomba Menggambar Bendera Indonesia

Anak-anak dapat mengikuti lomba 17 Agustus dengan menggambar bendera Indonesia. Selain melatih sisi kreatif, kompetisi ini juga bisa menumbuhkan  rasa nasionalisme anak.

Dari beberapa lomba diatas selain dapat meningkatkan syaraf motorik  dan kreatifitas anak, lomba-lomba tersebut juga dapat mengenalkan dan menumbuhkan jiwa nasionalisme pada anak.  Nah itulah beberapa ide lomba 17 Agustus yang seru untuk anak-anak yang bisa diterapkan di hari kemerdekaan Indonesia. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Sendokibu | Created by Zanash ID
Assalaamualaikum 😊
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles