Daftar Obat Sirup yang Aman-BPOM Dinkes

Daftar Obat Sirup yang Aman-BPOM Dinkes

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah merilis daftar obat sirup aman bebas dari Ethylene Glycol (EG) dan Diethylene Glycol (DEG). Mengacu pada surat edaran sebelumnya, Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) kini mengizinkan obat sirup yang sudah dinyatakan aman. Sebelumnya, Kementerian Kesehatan RI mengeluarkan surat edaran yang melarang apoteker dan tenaga medis memberikan obat berbentuk cairan atau sirup. Tindakan ini merupakan kewaspadaan menanggapi laporan bahwa kontaminasi EG dan DEG menyebabkan gagal ginjal akut pada anak-anak.

Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa surat edaran tersebut masih berlaku untuk obat-obatan yang belum dinyatakan aman dari bahaya kontaminasi EG dan DEG. Obat-obatan yang telah dinyatakan aman, dapat digunakan kembali.

Mohammad Syahril, juru bicara Kementerian Kesehatan RI, mengatakan “Kita mengikuti pengumuman BPOM bahwa obat-obatan yang telah dinyatakan aman dapat digunakan. Sementara itu, pengumuman larangan sementara tetap berlaku untuk obat sirup selain yang sudah ditetapkan BPOM“.

Syahril mengatakan BPOM telah menyetujui 133 obat berbasis sirup yang tidak termasuk propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, gliserin, atau gliserol. 

Daftar Obat Sirup yang Aman oleh BPOM

obat sirup aman

Ratusan obat-obatan berbahan dasar sirup telah disaring, diuji, dan dinyatakan aman untuk digunakan asalkan mematuhi aturan penggunaan. Daftar obat yang dianggap aman oleh BPOM tersedia di Link Berikut.

Selain mengungkap daftar 133 obat, BPOM juga mengungkap temuan pemeriksaan 102 obat yang sebelumnya digunakan untuk pasien gagal ginjal akut. Temuan awal dari pengujian BPOM menunjukkan 23 obat dinyatakan aman digunakan karena tidak mengandung pelarut tersebbahwa ut. Tujuh obat lain telah diuji dan dinyatakan aman. Namun, tiga dari 102 obat memiliki tingkat kontaminasi yang di atas ambang batas yang dapat diterima. Sisanya 69 barang sedang diambil sampel dan diuji yang hasilnya nanti akan diumumkan kembali.

Perlu diketahui selain obat kimia, kita juga dapat menggunakan obat alami untuk mengobati sakit yang kita alami salahnya adalah dengan kurma. Sudah tidak dapat terelakan lagi bahwa kurma memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, salah satunya adalah untuk obat maag alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Sendokibu | Created by Zanash ID
Assalaamualaikum 😊
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles