Ciri-Ciri Sayuran Segar Terjaga Kebersihannya

Ciri-Ciri Sayuran Segar Terjaga Kebersihannya

Tahu tidak, memilih sayuran yang akan dikonsumsi tak bisa sembarangan, lo. Ada tips dan trik nya juga! Yuk, simak ciri-ciri sayuran yang baik dan segar supaya aman untuk kesehatanmu!

9 Cara Memilih Sayuran Dengan Ciri-Ciri Segar

  1. Sayuran Tidak Layu

Kesegaran sayuran bisa diperhatikan dengan cara melihat apakah daun dan tangkainya layu atau tidak. Sayuran berdaun seperti selada, kangkung, dan sawi memiliki perbedaan yang jelas dalam hal ini.

  1. Melihat Warna Sayuran

Kesegaran sayuran bisa terlihat dari warnanya, apakah masih berupa warna asli atau memiliki warna cerah. Jika sayuran sudah berubah warna, sebaiknya jangan kamu pilih karena hal itu mengindikasikan bahwa sayuran sudah tak lagi segar dan sehat.

  1. Sayuran Harus Bebas Pestisida

Cukup lihat apakah ada bagian yang bolong pada sayuran tersebut atau tidak. Daun yang bolong dan tak utuh menandakan hewan kecil seperti ulat telah memakannya. 

  1. Sayuran Tidak Keriput

Jika sayuran tersebut sudah keriput artinya sudah tak lagi segar dan baik. Sebaliknya, kamu lebih baik memilih sayuran yang teksturnya masih keras dan aromanya masih segar.

  1. Mengamati Tekstur dan Baunya

Pastikan tekstur sayuran tidak lembek dan tidak berbau. Jika sayuran lembek, berbau, teksturnya aneh, sebaiknya jangan kamu pilih karena itu adalah indikasi sayuran yang tak sehat. 

  1. Pilih Sayuran yang Kecil dan Muda

Faktanya, ternyata sayuran yang kecil dan masih muda jauh lebih baik dan lebih sehat. Selain itu, sayuran yang kecil dan masih muda juga bisa membuat masakan jadi lebih empuk dan jauh lebih nikmat.

  1.  Ambil Langsung dari Petani

Sayuran yang langsung kamu ambil dari tangan petani memiliki tekstur, aroma, bentuk, dan rasa yang masih segar. Pasalnya, sayuran-sayuran tersebut pun masih baru dipanen dari kebun. 

  1. Pilih Sayuran yang Belum Dibersihkan

Biasanya, ciri-cirinya yaitu sayuran masih memiliki akar dan di masih kotor oleh lumpur atau tanah. Sayuran yang belum dibersihkan terbukti jauh lebih sehat, segar, serta lebih nikmat.

  1. Membeli Sayuran saat Masih Pagi Hari

Ketika masih pagi, semua jenis sayuran pasti masih segar, belum layu, apalagi teksturnya belum berubah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

Video Terbaru

Kontak Info

Copyright © 2021 Sendokibu | Created by Zanash ID
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles