Apa itu Gluten? Kenapa Ada Makanan Bebas Gluten?

Apa itu Gluten? Kenapa Ada Makanan Bebas Gluten?

Tak asing mendengar makanan yang bebas gluten? Banyaknya olahan makanan yang bebas gluten mengatakan lebih sehat dan baik untuk tubuh. Nah, Tahukah kamu apa itu? Yuks simak uraian dibawah ini ya!

Apa itu Gluten?

Gluten merupakan sebuah protein yang secara alami ditemukan pada gandum, padi-padian dan serelia, gandum hitam (rye), jelai (barley) dan triticale. Gluten berperan sebagai lem yang membantu menjaga makanan tetap menempel dan menjaga bentuk makanan. Ada dua jenis utama protein pada gluten, yaitu glutenin dan gliadin.

Secara fisik, gluten dapat dikenali dengan mudah. Saat membuat adonan dari campuran air dan tepung gandum, lalu kemudian adonan tersebut dicuci bersih. Maka pati gandum menghilang dan sisanya adalah gluten yang kenyal. Sesuai dengan namanya yaitu gluten yang menyatakan glue adalah sifat lengket seperti lem kental dan kenyal.  

Dalam proses pengolahan makanan, fungsi gluten adalah untuk menghasilkan tekstur yang kenyal, elastis, dan mengembang pada makanan (seperti roti dan kue). Beberapa produsen bahkan menambahkan ekstra gluten dalam bentuk bubuk ke dalam makanan yang dibuatnya.

Efek elastis, kenyal, dan mengembang tersebut dihasilkan ketika tepung dicampurkan dengan air. Protein gluten akan membentuk jaringan-jaringan yang lengket dengan konsistensi seperti lem.

Meski meningkatkan tekstur makanan, gluten tergolong komponen yang tidak mengandung nutrisi penting untuk tubuh. Protein ini bahkan dapat berdampak buruk pada orang-orang tertentu.

 

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di sehatq.com berjudul “Gluten Adalah Komponen dalam Makanan, Ini Fakta-faktanya!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Sendokibu | Created by Zanash ID
Assalaamualaikum 😊
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles