Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes

Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes perlu menjaga pola makan serta pemilihan cemilan dengan ekstra hati-hati, untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. Hal ini disebabkan fakta bahwa peningkatan kadar gula darah dapat memicu komplikasi berbahaya. Namun, camilan dapat dimakan oleh penderita diabetes selama tetap sehat dan sesuai kebutuhan. Camilan yang kaya serat, protein, dan lemak sehat sangat penting untuk penderita diabetes karena akan membantu menjaga kadar gula darah tetap normal.

Rekomendasi Cemilan Sehat untuk Penderita Diabetes

Berikut adalah rekomendasi beberapa camilan yang disarankan untuk penderita diabetes:

1. Buah Segar

Untuk penderita diabetes, buah-buahan segar dengan indeks glikemik rendah, seperti jeruk, apel, stroberi, blueberry, atau pir, dapat menjadi cemilan yang bagus. Namun, jangan makan terlalu banyak buah karena kandungan gula alami dalam buah dapat mempengaruhi kadar gula darah Anda.

2. Almond atau Kacang Almond

Almond adalah pilihan cemilan yang kaya akan serat, protein, dan lemak sehat. Lemak sehat yang terkandung dalam almond dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, yang sering kali menjadi komplikasi dari diabetes. Namun, pastikan untuk memilih almond tanpa garam tambahan.

Cemilan Sehat untuk Diabetes

Anda juga dapat  memilih snack sehat yang dijual di pasaran, salah satunya adalah Almond Chips. Selain bebas gluten, almond chips juga rendah glikemiks, karena snack ini tidak menggunakan gula tebu sebagai pemanis, tapi menggunakan madu dan gula palem.

3. Telur Rebus

Cemilan Sehat untuk Diabetes selanjutnya adalah telur, ini merupakan sumber kalium yang baik, yang membantu otot, saraf, dan jantung tetap sehat. Telur ukuran sedang mengandung sekitar 7 gram protein, yang sangat baik untuk tubuh. Karena kandungan kolesterol cukup tinggi pada kuning telur, penderita diabetes tidak disarankan untuk mengonsumsinya terlalu banyak.

4. Greek Yogurt

Jika Anda menderita diabetes, yogurt adalah pilihan yang bagus untuk mengonsumsi probiotik, karbohidrat, lemak baik, protein, dan karbohidrat. Namun, pastikan untuk memilih yogurt yang tidak mengandung gula atau lemak.

Empat jenis camilan di atas dapat menjadi pilihan yang sehat dan tepat. Anda juga dapat makan banyak jenis camilan lainnya, asalkan dipilih dengan benar dan sesuai kebutuhan.

Referensi:

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/pilihan-camilan-sehat-bagi-penderita-diabetes, diakes pada 11 Agustus 2023

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Sendokibu | Created by Zanash ID
Assalaamualaikum 😊
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles