Menu Makanan Maulid Nabi yang Wajib Kalian Coba

Menu Makanan Maulid Nabi yang Wajib Kalian Coba

Tanggal 12 Robiul awal merupakan hari kelahiran nabi Muhammad SAW. Biasanya seorang muslim memperingati dengan sesuai tradisi daerah masing-masing. Salah satunya yakni menyajikan menu makanan maulid nabi Muhammad SAW.  Tujuan dari memperingati maulid nabi adalah untuk memuliakan Nabi Muhammad SAW dan meningkatkan keimanan serta ketakwaan kepada Allah SWT.

Berdasarkan penjelasan dari al-Hafidh Ibnu Hajar al-‘Asqalani yang dikutip oleh Imam as-Suyuthi di dalam kitab al-Hawi lil Fatawi mengatakan bahwa memperingati maulid nabi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara sebagai ekspresi rasa kebahagiaan atas kelahiran nabi Muhammad saw. Beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya dengan :

  1. Membaca Al-Qur’an
  2. Memberi makan orang lain
  3. Bersedekah
  4. Memperbanyak sholawat atau menghadiri majlis ilmu

Maulid nabi tahun 2022 diperingati pada hari sabtu 08 oktober. Biasanya diperingati dengan mengadakan pengajian maulid nabi serta terdapat makanan-makanan yang akan dibagikan kepada masyarakat. Makanan tradisi perayaan Maulid Nabi berbeda-beda dari tiap daerah di Indonesia. Perbedaan jenis makanan pada tradisi perayaan Maulid Nabi ini disebabkan karena adanya perbedaan tradisi dan budaya di wilayah Indonesia.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut menu makanan Maulid Nabi Muhammad SAW yang bisa teman-teman sajikan

 1. Nasi Tumpeng 

tumpeng menu makanan untuk acara maulid nabi muhammad

Nasi tumpeng merupakan menu makanan acara maulid Nabi Muhammad SAW yang wajib ada. Tumpeng merupakan singkatan dari yen metu kudu sing mempeng yang berasal dari bahasa jawa yang artinya “Jika menjalani sesuatu harus bersungguh-sungguh”. Di Indonesia terdapat banyak jenis tumpeng salah satunya adalah tumpeng rasulan. Nasinya dibumbu gurih, ditambah ayam ingkung bumbu areh, lapapan, rambak, dan kedelai hitam goreng.

2. Kue Tradisional
nagasari menu makanan untuk acara maulid nabi muhammad

Salah satu kue tradisional yang sudah ada sejak lama adalah nagasari yang punya wangi, tekstur, dan rasa manis legit yang khas di lidah orang Indonesia. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu cukup menyediakan tepung maizena, santan, gula pasir garam dan daun pandan. Salah satu bahan yang harus diperhatikan adalah pisang yang merupakan salah satu bahan utama yang memberikan rasa manis pada kue Nagasari. Biasanya pisang yang digunakan adalah jenis pisang raja, pisang kepok, atau pisang tanduk.

Selain nagasari, kue tradisional yang bisa dibawa saat acara maulid adalah Onde-onde. Camilan berbentuk bulat yang biasanya ditaburi wijen ini memang merupakan salah satu kue tradisional khas Indonesia yang paling mudah dikenali. Dengan teksturnya yang unik, rasanya yang lezat dan proses pembuatannya yang mudah, tidak heran Onde-onde menjadi salah satu jenis kue yang tidak lekang oleh zaman.

3. kurma
kurma-menu makanan untuk acara maulid nabi muhammad.jpg

Kurma adalah makanan yang bisa disajikan saat maulid nabi. Selain simpel, kurma merupakan makanan kesukaan nabi dan punya banyak manfaat. Dikutip dari laman resmi Unair, kurma sangat bermanfaat untuk menghindarkan dari berbagai macam penyakit kronis, seperti penyakit kanker, jantung, diabetes, hingga Alzheimer. Hal ini karena kurma mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu, kandungan serat tinggi dalam kurma ini juga bermanfaat melancarkan pencernaan.  Salah satu kurma terbaik dan unik yang bisa dijadikan menu di acara maulid adalah kurma isi Qursyiban yang mempunyai banyak varian rasa. Kurma isi Qursyiban bisa dibeli dalam kemasan toples yang berisi 30 biji atau bisa juga dalam kemasan best seller. Kurma isi ini sudah dibungkus per biji sehingga mudah untuk dibagikan.

4. Ampyang Maulid
Ampyang-Menu Makanan Maulid Nabi

Ampyang maulid adalah tradsi dari Desa Loram Kulon dan Desa Loram Wetan, Kecamatan Jati kabupaten Kudus Jawa Tengah untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Makanan khas Kudus in merupakan nasi yang dibungkus dengan daun jati. Nasi bugkus tersebut lalu dirangkai mirip dengan gunung dengan tinggi kurang lebih 1,5 meter. Gunungan yang berisi Ampyang maulid tadi di arak memutar desa dan didoakan oleh tokoh agama setempat. menurut salah satu warga yakni Bu Ani, mengatakan bahwa tradisi ampyang ini diselenggrakan agar warga instorkpeksi diri dan kemudian berperilaku seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

5. Ketupat Sumpil
ketupat sumpil Menu Makanan Maulid Nabi

Olahan ketupat sampil terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun bambu atau daun pisang dan di bentuk segitiga. cara menikmati dari ketupat sumpil ini adalah dengan menambahkan dengan pautan kelapa serta campuran bumbu sambel yang khas.Istilah ketupat sumpil ini berasal dari nama hewan sejenis keong yang berbentuk kerucut agak panjang, berwarna hitam, yang sering ditemui di daerah sungai sekitar. Ketupat sumpil ini memiliki filosofi yakni sebagai lambang hidup antara sesama manusia.

Itulah beberapa menu makanan untuk sambut maulid nabi Muhammad SAW. Mari perbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW dan semoga kita mendapatkan Syafaat Nabi Muhammad SAW kelak di zaumul akhir, Amiin Yaa Rabbal’alamin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Sendokibu | Created by Zanash ID
Assalaamualaikum 😊
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles