8 Jenis Kurma Paling Dicari Saat Ramadhan

8 Jenis Kurma Paling Dicari Saat Ramadhan

Kurma akan mudah dijumpai saat menjelang bulan ramadhan. Ada banyak jenis kurma yang bisa dipilih untuk menu berbuka / takjil. Untuk berbuka cukup sediakan 3 butir kurma saja sudah cukup. Namun, apakah kamu tau jenis kurma apa yang sering kamu makan saat ramadhan?

Jenis Kurma Ramai Dicari Saat Ramadhan

  1. Kurma ajwa

    Kurma ajwa disebut juga kurma nabi, karena dulu sering dikonsumsi Nabi Muhammad SAW. Rasanya sih mirip kismis, tidak terlalu manis. Kurma ini dianggap sangat spesial, sebab dalam sebuah hadis disebutkan Rasulullah berkata, “Barang siapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir,” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

  2. Kurma sukari

    Jenis Kurma Ramadhan - kurma sukari

    Jenus kurma ini memiliki rasa manis seperti salju ini harus selalu berada di dalam suhu dingin. Bahkan raja arab saudi, King salman menyukai kurma jenis ini. Biasanya kurma sukari disantap bersama susu dipagi hari.

  3. Kurma Tunisia


    Kurma ini sesuai namanya berasal dari tunisia. Khusus kurma ini memiliki tekstur yang cenderung kering dan rasa manisnya yang pas. Buah kurma tunisia ini mengandung vitamin dan mineral yang tinggi.

  4. Kurma Qursyiban

    cemilan lebaran : Kurma Isi Qursyiban
    Jenis Kurma Ramadhan – kurma Qursyiban

    Kurma khas bulan ramadhan yang memiliki banyak varian rasa. Qursyiban adalah kurma isi bantal. Untuk orang yang tidak suka kurma, Qursyiban adalah solusi tepat makan kurma. Tidak terlalu manis namun, terasa gurih dari kacang dan cokelatnya.

  5. Kurma Medjool

    Jenis Kurma Ramadhan - kurma mejdol
    Jenis kurma medjool termasuk paling mahal di dunia. Tak hanya itu, rasa manisnya juga cukup kuat sehingga penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya. Ukuran yang besar jenis kurma medjool bisa dijadikan takjil yang menyengakan saat ramadhan.

  6. Kurma Bahri

    Khusus Kurma bahri berwarna kuning cerah dengan bentuk bundar seperti buah duku atau kelengkeng. Kurma Barhi memiliki tekstur rasa yang renyah dan manis seperti karamel.

  7. Kurma Mazafati

    nama lain dari kurma ini adalah kurma bam, kurma anggur, atau kurma madu. Sekilas mirip kurma ajwa namun bentuknya lebih besar dan teksturnya yang lembut. Kurma mazafati ini berasal dari negara iran. Jenis kurma ini mungkin bisa jadi takjil saat ramadhan.

  8. Kurma Amer

    Kurma yang juga disebut amer hajj ini merupakan varietas kurma yang terkenal di Irak. Memiliki daging yang tebal dan bertekstur lembut dengan kulit tipis, kurma ini seringkali disebut sebagai the visitor’s date karena masyarakat Irak umumnya menyajikannya sebagai kudapan bagi tamu yang datang ke rumah mereka

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Sendokibu | Created by Zanash ID
Assalaamualaikum 😊
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles