Sunnah Berbuka puasa dengan Kurma, ini Alasannya!

Sunnah Berbuka puasa dengan Kurma, ini Alasannya!

Ketika berbuka puasa, terutama saat bulan Ramadhan, kurma sering dijadikan pilihan sebagai menu takjil. Hal ini juga dicontohkan oleh Rasulullah SAW yang juga sering berbuka dengan kurma. Sesuai dengan hadis nabi yang berbunyi:

إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ ، فَإِنَّهُ بَرَكَةٌ ، فَإِنْ لَمْ يَجِدْ تَمْرًا فَالمَاءُ فَإِنَّهُ طَهُورٌ

“Jika salah seorang dari kalian berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma kering (tamr), karena hal itu mengandung keberkahan. Jika tidak ada, maka berbukalah dengan air karena air itu mensucikan” (H.R. Al-Tirmidzi). 

Lalu, bagaimana dari sisi kesehatan?

Agus Sukaca, seorang profesor di Universitas Ahmad Dahlan, mengatakan bahwa berbuka dengan kurma sangatlah baik. Menurut beliau, kesunahan berbuka dengan kurma itu selaras dari sisi kesehatan. Ia mengatakan, kurma merupakan buah yang manis dan mempunyai kandungan glukosa sederhana. Ketika dikonsumsi, bisa dengan cepat untuk diubah menjadi energi. Beliau juga menambahkan bahwa Proses pengolahan kurma dalam tubuh itu cepat, bisa segera digunakan menjadi energi sehingga bisa segera memulihkan tenaga kita.

Berbeda lagi jika seseorang berbuka langsung mengkonsumsi nasi, hal itu justru sebaiknya dihindari. Menurutnya, jika saat berbuka langsung mengonsumsi nasi justru tenaga tak langsung pulih. Ini karena nasi memiliki karbohidrat komplek, yang mana saat diubah menjadi energi membutuhkan waktu yang cukup panjang. Seseorang yang berbuka dengan nasi bisa saja justru sampai tambah satu atau dua piring. Hal ini karena memang karbohidrat tadi belum dikonversi menjadi energi, sehingga seseorang masih merapa lapar. Namun ketika sudah dikonversi menjadi energi, efeknya justru berubah menjadi kekenyangan. Maka tepat sekali kalau memilih kurma untuk berbuka, dia akan cepat menjadi energi sehingga cepat bugar dan tidak akan kebanyakan makan waktu buka. Ia menambahkan, di balik sunnah dari Nabi, pasti ada sesuatu hikmah atau kebaikan, termasuk dalam berbuka.

Ini juga bisa jadi ide yang bagus buat kamu yang ingin memberikan takjil kepada orang lain. kamu bisa berikan kurma juga lho… kamu bisa juga memberikan kurma isi Qursyiban. Kurma isi dengan banyak varian rasa yang bikin nagih. Kamu bisa dapatkan produknya di marketplace atau website sendokibu.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Sendokibu | Created by Zanash ID
Assalaamualaikum 😊
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles