Cara Cegah Stunting Sejak Masa Kehamilan

Cara Cegah Stunting Sejak Masa Kehamilan

Kurangnya nutrisi yang cukup selama seribu hari pertama kehidupan anak dapat menyebabkan stunting. Meskipun saat ini belum ada pengobatan untuk menyembuhkan stunting, namun men-cegah stunting sejak kehamilan dapat diupayakan oleh calon orang tua dengan memenuhi kebutuhan nutrisi ibu sebelum, selama, dan setelah kehamilan.

 3 hal penting untuk cegah stunting sejak masa kehamilan

1. Pemenuhan Asupan Gizi

Selama kehamilan, asupan nutrisi harus cukup. Pada masa kehamilan, janin membutuhkan vitamin dan protein agar perkembangan janin bisa sehat. Nutrisi lain juga harus dipenuhi. Hindari makanan yang menghambat penyerapan nutrisi, seperti kopi, teh, dan minuman tak sehat lainnya. Kaloripun tidak boleh hilang, karena wanita hamil membutuhkan 300 hingga 400 kalori lebih banyak setiap hari.
Kebutuhan kalori normal untuk ibu hamil adalah sekitar 2.000 per hari. Namun, selama kehamilan, rata-rata naik menjadi 2.200 pada trimester pertama dan 2.500 pada trimester kedua dan ketiga. Kebutuhan nutrisi ibu dapat dipenuhi dengan keseimbangan antara nutrisi makro dan mikro sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, proporsi nutrisi makronya adalah karbohidrat menyumbang 50-60% dari total kalori, protein 25-30%, dan lemak 10-25%.
Untuk nutrisi mikro, beberapa vitamin yang baik dikonsumsi untuk mencegah keterlambatan tumbuh kembang anak yaitu vitamin D, C, dan A. Vitamin D berperan untuk meningkatkan penyerapan kalsium. Sedangkan vitamin A dan C berperan dalam pertumbuhan jaringan otot, kulit, dan mata janin. Nutrisi mikro lainnya yang berfungsi untuk mencegah stunting adalah asam folat, DHA, serta asam lemak omega 3 dan omega 6. Semua nutrisi ini penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf janin.

2. Rajin Konsumsi Zat Besi

Sebelum dan selama kehamilan, seorang wanita harus memiliki berat badan yang sehat dan tidak mengalami anemia. Untuk mencegah anemia, diperlukan konsumsi zat besi dan vitamin yang tepat. Pilih makanan kaya zat besi, baik hewani maupun nabati. Ibu hamil bisa memilih dari daging merah, kuning telur, makanan laut, sayuran hijau, almond, dan buah-buahan kering lainnya sebagai sumber zat besi. Salah satu produk yang paling recommended adalah almond chips dari Sendokibu, snack ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil.

3. Perbaiki Gaya Hidup

Manfaat gaya hidup sehat bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk generasi mendatang. Ibu hamil harus memiliki pola hidup yang sehat, tidak hanya dalam hal makan, tetapi secara keseluruhan. Pilih aktivitas yang aman untuk ibu hamil, seperti jalan kaki, berenang, atau yoga.

Menjaga kebersihan tubuh dengan mandi dua kali sehari, membiasakan cuci tangan pakai sabun, menjaga kebersihan rumah, dan memperhatikan kebersihan makanan. Jangan lupa untuk memastikan bahwa ibu mendapatkan istirahat yang cukup agar tetap bugar. Kenali dan kelola stres secara efektif selama kehamilan. Kehamilan rentan terhadap masalah dan gangguan, tetapi semuanya dapat diatasi dengan aktivitas dan relaksasi yang tepat. Jika diperlukan, mintalah bantuan dari orang-orang terdekat, seperti pasangan dan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Sendokibu | Created by Zanash ID
Assalaamualaikum 😊
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles