Tips Sukses Jalani Puasa Intermittent

Tips Sukses Jalani Puasa Intermittent

Diet puasa atau intermittent fasting adalah metode untuk mengatur pola makan dengan berpuasa makan selama beberapa waktu. Namun yang berpuasa masih dapat mengonsumsi minuman. Intermittent fasting lebih mengarah pada kebiasaan makan, namun tidak mengurangi makanan yang masuk ke tubuh.

Berpuasa bukanlah sesuatu yang gampang. Jika kamu tidak terbiasa, rasa lapar dan perasaan mudah tersinggung akan muncul. Bahkan lebih susah menghadapi tantangan mental daripada mengatasi rasa lapar tersebut. Nyemil memang asik, hal ini bisa mengalihkan kita dari pikiran yang tidak nyaman atau membuat kita menunda pekerjaan yang kita tidak ingin kerjakan.

Tips Sukses Jalani Puasa Intermittent

  1. Berolahraga
    Beberapa penelitian tentang aktivitas fisik menyarankan bahwa olahraga mengurangi tingkatan hormone ghrelin, yang merangsang nafsu makan sekaligus meningkatkan kadar hormon leptin penekan nafsu makan. Namun, hal ini tidak pasti berlaku untuk semua orang. Tetapi yang lebih penting adalah olahraga mengurangi gangguan dari makanan.
  2. Teh, air putih dan kopi
  3. Menyibukkan diri
    Meminum minuman bebas kalori sangat penting selama berpuasa karena beberapa hal.

    1. Dehidrasi. Dehidrasi atau lapar? Jika kalian merasa lapar, itu belum berarti lapar. Atasi rasa lapar dengan meminum segelas air putih, lalu tunggu beberapa saat dan lihat apakah kamu masih merasa lapar atau tidak.
    2. Minum air putih, teh dan kopi akan membantumu mengekang nafsu makan untuk sementara waktu
    3. Meminum teh atau kopi dengan lemon akan membuatmu menjadi lebih sehat dan rileks
  4. Fokus pada manfaatnya
    Berpuasa adalah tantangan mental. Kamu tidak akan mati karena tidak makan untuk 12, 14, bahkan 24 jam. Meskipun demikian, banyak orang tidak terbiasa dengan sensasi lapar lagi dan mungkin merasa sangat tidak nyaman. Buatlah dirimu sibuk dan tidak terlalu memikirkan rasa lapar itu. Tapi, tetaplah mengamati tubuh kalian. Jika kalian merasa perfoma sudah turun, itulah saatnya kamu untuk berbuka.

Bagaimana memulai puasa intermittent ?

Jika kalian masih noob dan ingin memulai berpuasa, 12 jam puasa adalah waktu yang pas untukmu. Jika kalian bisa melakukannya secara konsisten selama seminggu, kalian bisa menambah 1 jam pelan-pelan setiap minggunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Sendokibu | Created by Zanash ID
Assalaamualaikum 😊
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles