Tips Anti Lemas Saat Berpuasa dengan Kurma

Tips Anti Lemas Saat Berpuasa dengan Kurma

Saat berpuasa, biasanya tubuh akan terasa lemas. Apalagi jika kamu masih beraktivitas seperti biasanya. Tapi tak perlu khawatir, ada beberapa tips yang bisa kamu coba. Contohnya saat sahur, minumlah air putih yang cukup serta konsumsi makanan yang bergizi. Simak penjelasannya berikut!

Cara Mengatasi dan Mencegah Lemas saat Puasa

1. Jangan melewatkan sahur 

Sama halnya dengan sarapan, sahur sangat penting karena dapat memberi energi saat sedang berpuasa. Sahur akan membantu kadar cairan tubuh tetap terjaga, dan bisa memberikan energi dan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk melakukan aktivitas. Makan sahur juga harus mengutamakan asupan nutrisi yang seimbang dan konsumsi cairan yang cukup.

2. Mencukupi kebutuhan cairan

Pastikan minum air mineral yang cukup saat sahur dan berbuka, karena meskipun sedang berpuasa, kebutuhan cairan dalam tubuh tidak berkurang. Selain minum air mineral, kamu bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang kaya air, seperti sup, buah, dan sayuran.

3. Makan cukup saat buka puasa

Salah satu cara agar tidak lemas saat berpuasa adalah dengan membatasi jumlah makanan yang dikonsumsi saat berbuka puasa. Karena jika dikonsumsi terlalu banyak, akan cepat mengantuk dan kelelahan. Memang saat berbuka puasa, setiap makanan akan terlihat menggiurkan. Namun sebelum mengonsumsi makanan berat, disarankan untuk mulai berbuka puasa dengan makanan ringan seperti kurma dan air putih. Kurma adalah sumber energi yang sangat baik karena mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalau kamu bosen mengkonsumsi kurma yang begitu-begitu saja, dan bosan jika harus mengonsumsinya setiap hari. Maka kamu harus coba kurma isi Qursyiban. Kurma isi dengan berbagai varian rasa pilihan, yaitu white almond, matcha almond, caramelized almond. peanut butter, milky coconut dan cheese. Kamu bisa dapatkan berbagai produk dari Qursyiban di berbagai marketplace seperti shopee dan tiktok shop.

4. Berolahraga semampunya

Jika dilakukan dengan tepat, olahraga saat puasa dapat memperkuat otot tubuh dan memberikan lebih banyak energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Saat berpuasa, kamu bisa pilih olahraga dengan intensitas rendah seperti berjalan kaki, bersepeda dengan kecepatan lambat, atau yoga. Lakukan setiap hari selama 30 menit, tiga sampai lima kali dalam seminggu.

5. Tidur siang sebentar

Bangun di saat sahur bisa membuat beberapa orang jadi kurang tidur, sehingga lebih cepat mengantuk dan lemas saat puasa di siang hari. Maka usahakan untuk tidur siang (power nap) karena tidur siang bermanfaat untuk relaksasi, meningkatkan mood dan mengurangi kelelahan. Tidurlah sekitar 10-20 menit. Jangan tidur terlalu lama karena semakin lama tidur siang maka kemungkinan akan semakin pusing setelahnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Sendokibu | Created by Zanash ID
Assalaamualaikum 😊
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles