Mocaf Free Gluten Bantu Ketahanan Pangan Negara

Mocaf Free Gluten Bantu Ketahanan Pangan Negara

Tepung Mocaf Free Gluten

Mocaf adalah singkatan dari Modified Cassava Flour atau tepung singkong yang dimodifikasi. Kenapa bisa disebut tepung singkong yang dimodifikasi? Sebab pada pembuatannya dilakukan proses fermentasi yang melibatkan jasa mikroba atau enzim tertentu. Selama proses fermentasi berlangsung terjadi perubahan yang luar biasa mulai dari aspek perubahan fisik kimiawi dan mikrobiologi serta indrawi.

Tepung mocaf free gluten memiliki tekstur yang lembut warnanya yang putih dan aromanya yang tidak berbau khas singkong. Mocaf sangat baik digunakan sebagai bahan pembuatan makanan. Bahkan, Mocaf dapat menggantikan tepung terigu sebagai bahan olahan makanan dengan takaran 100% tepung mocaf.

Tepung ini yang memiliki keunggulan dibanding tepung terigu, tepung beras, dan tepung tapioka atau tepung gaplek. Yaitu kandungan mineral atau kalsium lebih tinggi, oligosakarida penyebab flatulensi sudah terhidrolisis, mempunyai daya kembang setara dengan gandum tipe II dan tentunya tepung mocaf bebas gluten.

Ketahanan Pangan

Konsumsi panganan yang mengandung gluten menyebabkan timbulnya gangguan atau penyakit yang lazim disebut gluten related disorder. Permasalahan kesehatan akibat konsumsi gluten juga kerap dihubungkan dengan penyakit lainnya, seperti diabetes, lupus, kanker atau pun dengan masalah lainnya, seperti schizophrenia, autism spectrum disorder (ASD) dan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD).

Tepung mocaf selain free gluten juga mampu membantu ketahanan pangan negara Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia adalah penghasil singkong terbesar ke-5 di dunia. Dengan menggunakan produk yang terbuat dari tepung mocaf free gluten sudah berkontribusi menguatkan ketahanan pangan negara.

Waw! Amazing kan? Yuk Jangan ragu untuk mengonsumsi makanan berbahan dasar tepung mocaf seperti produk dari sendok ibu ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

Video Terbaru

Kontak Info

Copyright © 2024 Sendokibu | Created by Zanash ID
Assalaamualaikum 😊
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles