Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil Tua

Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil Tua

Kurma memiliki banyak manfaat untuk semua usia, termasuk juga untuk ibu hamil. Tidak bisa dipungkiri, setiap ibu hamil pasti menginginkan persalinan yang lancar. Biasanya, ibu hamil yang mendekati hari persalinan sudah mempersiapkan diri dengan baik, salah satunya adalah mengonsumsi makanan sehat. Kurma merupakan salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil. Buah-buahan yang kaya mineral dan vitamin membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan bayinya. 

Untuk lebih memahami manfaatnya bagi ibu hamil, Sendokibu merangkum lima di antaranya:

1. Meningkatkan Kontraksi Rahim

Kandungan oksitosin dalam kurma dapat meningkatkan kontraksi rahim dan membantu proses kelahiran. Menurut Melinda Johnson, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, biasanya ibu hamil yang akan melahirkan mendapatkan suntikan oksitosin sintetik. Jika ibu hamil rutin makan kurma sepanjang trimester ketiga, ibu tidak perlu lagi melakukan suntikan karena kurma sudah menggantikan manfaatnya.

2. Membantu Bukaan Serviksnya Lebih Cepat

Selama persalinan, pembukaan serviks seringkali membutuhkan waktu yang sangat lama, terkadang hingga 14 jam. Namun, ibu hamil yang rutin mengonsumsi buah ini akan lebih cepat dari biasanya. Menurut penelitian, ibu hamil yang mengonsumsinya bisa melahirkan lebih cepat dalam waktu kurang dari tujuh jam setelah si ibu tiba di rumah sakit.

3. Mencegah Ketuban Pecah Dini

Buah kurma ini juga berkhasiat untuk memperkuat selaput ketuban bila dikonsumsi dengan rajin. Janin berpotensi keracunan jika air ketuban pecah saat proses persalinan. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk sering makan kurma pada usia kehamilan tua, mendekati waktu melahirkan, untuk meminimalisir resiko persalinan.

4. Melancarkan Pencernaan

Dalam sebuah penelitian tahun 2011 yang diterbitkan di PubMed Central, 69 wanita hamil yang mengonsumsi kurma empat minggu sebelum persalinan dibandingkan dengan 45 wanita hamil yang tidak mengonsumsi kurma. Peneliti menemukan bahwa wanita hamil yang mengonsumsi kurma memiliki waktu persalinan yang lebih singkat. Selain itu, 96% ibu hamil yang mengonsumsi kurma mengalami persalinan spontan, dibandingkan dengan 79% ibu hamil yang tidak mengonsumsi kurma.

5. Mencegah Bayi Cacat Lahir

Kurma adalah sumber folat yang sangat baik. Folat membantu mengurangi kelainan lahir terkait otak dan sumsum tulang belakang pada janin. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sependapat, merekomendasikan vitamin dan makanan kaya folat sebelum dan selama kehamilan untuk menghindari kelainan kelahiran.

Selain berkhasiat untuk ibu hamil, kurma juga memiliki banyak manfaat untuk anak dan kesehatan secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

Video Terbaru

Kontak Info

Copyright © 2021 Sendokibu | Created by Zanash ID
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles