5 Alternatif Tepung Tanpa Gluten yang Menyehatkan

5 Alternatif Tepung Tanpa Gluten yang Menyehatkan

Gluten adalah protein yang ditemukan dalam biji-bijian. Dari beragam jenis biji-bijian, jenis makanan yang mengandung gluten paling umum dikonsumsi adalah gandum. 

Kebanyakan orang bisa menoleransi gluten tanpa efek samping masalah kesehatan. Namun, gluten bisa mengganggu kesehatan penderita penyakit celiac, orang yang sensitif gluten, alergi gandum, dll.

Demi alasan kesehatan, sejumlah orang kini mengonsumsi makanan dari tepung non-gluten atau tepung tanpa gluten. Pasalnya, sejumlah tepung tanpa gluten memiliki lebih banyak nutrisi ketimbang tepung gandum biasa.

  1. Tepung almond 

Melansir Healthline, tepung non-gluten yang kerap digunakan sebagai pengganti gandum untuk hidangan yang dipanggang adalah tepung almond. Tepung tanpa gluten ini dibuat dari kacang almond tanpa kulit yang sudah dihaluskan. Nutrisi tepung almond di antaranya magnesium, kalsium, kalium tembaga, mangan, sumber vitamin E, dan asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan. Namun perlu diingat, kendati termasuk tepung free gluten, kalori tepung ini lebih tinggi ketimbang terigu biasa karena mengandung lemak tak jenuh tunggal. 2. Tepung sorgum

  1. Tepung sorgum

Jenis tepung tanpa gluten lainnya adalah tepung sorgum. Tepung ini terbuat dari biji-bijian sereal kuno yang sehat. Tepung sorgum memiliki warna dan tekstur cerah, rasa lembut, dan manis. Selain punya cita rasa yang enak, tepung sorgum banyak mengandung serat dan protein yang bisa memperlambat penyerapan gula. 

  1. Tepung beras merah

Tepung beras merah kerap digunakan sebagai bahan alternatif pembuatan mi, roti, kue kering, dan kue basah. ini termasuk tepung tinggi protein dan serat. Selain bebas gluten, tepung ini juga bisa menurunkan kadar gula darah dan menjaga berat badan tetap ideal. Selain itu, tepung tanpa gluten ini juga kaya akan zat besi, vitamin B, magnesium, mangan, serta senyawa lignan. Penelitian menujukkan, senyawa lignan dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung.

  1. Tepung gandum utuh

Tepung oat atau tepung gandum utuh juga merupakan salah satu jenis tepung non-gluten. Makanan yang dibuat dari tepung gandum utuh biasanya lebih kaya rasa dan punya tekstur lebih kenyal ketimbang tepung gandum biasa. 

  1. Tepung jagung

Tepung jagung biasanya digunakan sebagai pengental, campuran pembuatan roti, dan tortila. Kandungan tepung jagung banyak mengandung serat dan sumber antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, kandungan nutrisi tepung jagung lainnya yakni vitamin B6, tiamin, mangan, magnesium, dan selenium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Sendokibu | Created by Zanash ID
Assalaamualaikum 😊
Receive the latest articles

Subscribe To Our Daily Article

Get notified about new articles